5 Penyebab AC Mati Mendadak

Penyebab Ac Mati Mendadak – Anda pasti pernah merasakan bahwa, pendingin ruangan yang sangat dibutuhkan kala terik matahari menyerang tiba tiba mati mendadak. Tentu saja mesin AC yang mendadak tidak berfungsi, membuat seluruh orang yang berada di ruangan panik. Setelah menyalakan AC kembali, namun dalam hitungan menit AC kembali mati sendiri. Anda bisa menghubungi jasa servis AC Purwokerto untuk mengetahui penyebabnya.

Permasalahan Pada Komponen Elektronik AC

Komponen yang ada pada AC ini, berfungsi untuk mengatur segala kerja unit indoor maupun outdoor yang meliputi pengaturan on off AC, pengaturan suhu ruangan, pengaturan aliran udara, pengaturan otomatis, hingga penganturan timer. Ketika AC mati mendadak seperti kasus diatas, ada kemungkinan komponen yang berkaitan dengan AC tidak dapat berfugnsi dengan baik atau bahkan sudah tidak dapat digunakan.

  1. Termistor Atau Mata Kucing yang Rusak

Termistor adalah sebuah sendor yang memiliki fungsi untuk mengatur suhu ruangan, apabila suhu ruangan sudah pada tahap maksimal, maka termistor secara otomatis mengatur kompresor agar berhenti bekerja. Kerusakan yang dialami oleh termistor, biasanya ditandai dengan AC tidak bisa dikendalikan melalui remote dan AC mati mendadak. Ketika komponen ini rusak, anda dapat meminta jasa servis AC Purwokerto untuk membantu.

  1. Tegangan Lilstrik yang Tidak Sesuai

Tegangan listrik yang tidak sesuai dengan kesepakatan dari unit AC, dapat menyebabkan modul elektronik menjadi eror. Apabila modul elektonik ini mengalami kerusakan, maka sebaiknya segera ganti modul tersebut dengan menggunakan modul universal plus remotnya. Kerusakan yang terjadi tersebut, bisa saja terjadi karena jalur pada PCB yang telah rusak, sehingga AC tidak dapat beroperasi kembali.

  1. Timer yang Belum Diatur Kembali
Baca juga :  Service Ac Purwokerto Terbaik WA : 081329622437

Salah satu fitur yang disediakan adalah timer, dimana berfungsi untuk mengatur jadwal kapan AC harus dinyalakan ataupun kapan jadwal AC harus mati. Sebelum mengatakan timer rusak, pastikan pengaturan timer masih aktif atau tidak. Anda bisa mengatur remote kontrol agar timer kembali seperti semula. Dengan mematikan timer pada tombol off, maka AC sudah dapat digunakan kembali. Jika ingin memeriksa lebih lanjut, anda bisa menghubungi servis AC Purwokerto sebagai jaminan.

  1. Switch Pada AC Mengalami Kerusakan

Ketika AC mati mendadak, bisa dipengruhi dari beberapa faktor, salah satunya adalah dari switch AC. Switch atau tombol on – off AC, berfungsi sebagai saklar yang digunakan untuk menyalakan dan mematikan unit AC. Apabila telah dipastikan kerusakan ada pada komponen timernya, maka hanya perlu disolder. Namun jika belum bisa dinyalakan, anda harus mengganti switch tersebut dengan switch yang baru.

  1. Adanya Permaslahan Pada Kompresor AC

Kompresor AC rusak, merupakan permasalahan yang cukup besar, terutama jika AC tidak bisa dinyalakan kembali dalam kurun waktu kurang dari 10 menit. Hal ini dapat disebabkan oleh kerja kompresor AC yang sudah tidak dapat bekerja secara optimal, sehingga konsumsi daya listrik meningkat pesat. Biasanya, hasil pengukuran pada tang ampere akan menunjukkan arus yang tinggi, kadang juga rendah. Segera hubungi service AC Purwokerto untuk perawatan lanjut.

Memiliki AC di hunian pribadi merupakan impian ketika suhu meningkat. Untuk mendapatkan kinerja mesin AC yang lebih optimal, anda harus rajin untuk menservis pendingin ruangan anda, dan jangan lupa juga untuk membersihkan kotoran dan noda yang menumpuk. Sebab, kotoran yang menumpuk juga dapat mengganggu kinerja AC, sehingga pendingin ruangan tidak akan menghasilkan udara dingin. Oleh karena itu, rawat AC anda agar bekerja maksimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: